Cek Jurusan Kuliah dengan “Fashion”


Fashion yang digunakan mahasiswa sangat penting menunjukkan citra diri.

Seperti mahasiswa komunikasi yang mengambil konsentrasi Public Relations, mahasiswa kedokteran, mahasiswa jurusan ekonomi atau mahasiswa pendidikan keguruan.

Mahasiswa dari keempat jurusan ini biasanya memiliki fashion yang hampir sama, biasanya mereka datang ke kampus dengan dandanan rapi dan terlihat formal, hal ini karena tuntutan pekerjaan mereka nantinya.

Pakaian yang wajib digunakan untuk laki-laki adalah kemeja atau hem dengan celana panjang bahan serta sepatu pantofel.

Sedangkan untuk perempuan menggunakan blus dan bisa dipadukan dengan blazer dengan rok atau celana bahan dan wedges setinggi minimal 5 cm atau sepatu biasa. Seringkali dilarang menggunakan celana jeans.

Tak usah heran jika seringkali ada dosen yang merangkap sebagai ‘fashion police’ di masing-masing jurusan.

Bahkan ada fashion police yang siap mengkritik dan memberi saran pakaian yang dikenakan.

Tidak perlu diberi tahu secara verbal, biasanya dengan cara non verbal melalui lirikan pun mahasiswa sudah paham jika kemungkinan pakaian mereka termasuk ‘saltum’ atau kurang bagus mix match nya.

Bukan hal yang mudah untuk me-mix match baju supaya orang-orang yang melihatnya tidak bosan melihat dandanannya.

Jika mahasiswa keempat jurusan di atas tadi, harus tampak rapi, berbeda dengan mahasiswa komunikasi untuk konsentrasi jurnalistik dan broadcasting, serta mahasiswa jurusan seni rupa.

Mahasiswa kedua jurusan ini seringkali tampak cuek dengan fashion yang dikenakannya.

Hanya dengan menggunakan kemeja atau kaus berkerah dengan celana jeans atau rok dan menggunakan sepatu biasapun sudah bisa berangkat ke kampus.

Tak ada aturan secara verbal bagaimana mereka seharusnya berpakaian, memang kebanyakan mahasiswa jurusan ini banyak menghabiskan waktu diluar ruangan maka pakaian yang nyamanlah yang menjadi pilihan utama mereka.

Walaupun cuek dalam pemilihan fashion, ada saatnya mereka harus bisa berdandan rapi juga.

Seperti misalnya ketika dituntut tampil live on cam, maka mahasiswa jurnalistik dan broadcasting pun harus siap berdandan rapi.

Bagi mahasiswa jurusan kesenian pun juga demikian, mereka harus bisa tampil rapi saat akan mempresentasikan hasil karya mereka.

Fashion yang beragam ini yang terkadang menjadi kesan tersendiri, seringkali terjadi hal-hal lucu dengan munculnya celetukan-celetukan dari masing-masing pihak mahasiswa.

Setiap jurusan akan memiliki ciri khas sendiri-sendiri, bagaimanapun pakaiannya setiap mahasiswa tetap ingin terlihat eye catching.

Ya, memang pada akhirnya fashion dapat menggambarkan citra diri masing-masing pemakainya.

Mahasiswa masing-masing jurusan akan menganggap bahwa pemilihan fashionnya wajar saja, jadi tinggal bagaimana setiap orang menilainya saja.

Tetapi menjadi menyenangkan juga untuk melihat berbagai macam jenis fashion setiap harinya di kampus.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *