Cara Menjadi Anak Muda yang Produktif


Anak Muda Produktif
Cara Menjadi Anak Muda Produktif | Photo by : E-Infopages

Punya banyak kegiatan dan target yang harus dipenuhi?

Bagaimana menyelesaikan banyak hal penting namun tetap dapat menikmati waktu?

Jadilah anak muda yang produktif bukan sekedar sibuk. Kata produktif sendiri bermakna bersifat atau mampu menghasilkan sesuatu. Alias melakukakan kegiatan dan terlihat hasilnya, bukan sekedar sibuk namun tidak jelas hasil dari kesibukan kita.

Berikut adalah tips sukses untuk anak muda.

1. Buatlah Target yang Jelas

Anak muda biasanya punya banyak keiinginan yang berkecamuk di kepala. Banyak hal yang diiginkan, itu wajar.

Namun target yang jelas haruslah tetap dipilih dan diatur berdasarkan waktu.

Misalnya sebagai seorang mahasiswa yang menyukai desain pakaian membuat target dalam setiap bulan akan menyelesaikan 3 desain gaun atau busana.

Target harus terukur dan jelas, alias tidak hanya menjadi wacana di kepala, pengen ini pengen itu, sedangkan kita tidak tahu apa, berapa dan kapan target itu harus diselesaikan.

So apa saja target yang akan kamu selesaikan bulan ini?

2. Tentukan Skala Prioritas

Dari semua target yang kita susun sudah tentu ada yang penting banget segera kita selesaikan ada juga yang boleh ditunda atau dikerjakan terkahir.

Kita harus mengukur skala prioritas kita. Tidak semua hal dapat kita selesaikan bersamaan.

Antara menyelesaikan skripsi atau menyelesaikan project hobi tentu kita bisa menentukan mana yang terlebih dahulu harus diselesaikan.

3. Aturlah Jadwal

Punya banyak target dan kegiatan tentunya harus mengatur jadwal dengan baik, jika tidak akan banyak kegiatan yang tertunda atau bahkan terlupakan.

Biasakan untuk mengatur jadwal harian, mingguan bahkan bulanan. Kamu dapat menggunakan fitur Google calendar atau fitur tanggalan di handphonemu untuk menambahakn item-item kegiatan seperti tugas dan janji bertemu teman.

Untuk apa banyak target dan kegiatan tapi di sisi lain juga banyak hal yang terbengkalai karena kita tak bisa mengatur waktu ?

4. Delegasikan Pekerjaan atau Kerjasamakan

Jika kamu memiliki tim dalam dalam mengerjakan project atau tugas kampus, berbagilah pekerjaan dengan teman sekelompokmu.

Jangan mengerjakan sendiri semua hal karena itu akan menyita waktumu.

5. Gunakan Teknologi

Teknologi hadir untuk memudahkan, jika bertemu lewat chat, sosial media, Voice Call atau Video Conference sudah cukup kenapa harus bertemu langsung ?

Banyak anak muda yang menghabiskan waktu di jalan dari satu kegiatan ke kegiatan lain padahal agenda tersebut dapat dimudahkan dengan adanya teknologi.

Semoga bermanfaat

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *